EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TAMAN KANAKKANAK PERTIWI DAMPANG KABUPATEN BANTAENG

MANSJUR, GUMITTIRI A. (2019) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS ANAK DI TAMAN KANAKKANAK PERTIWI DAMPANG KABUPATEN BANTAENG. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.pdf

Download (446kB)

ABSTRACT The aim of this study to find out the description of the application of field trip learning methods, to find out the description of children’s naturalist intelligence, and to determine the effectiveness of the field trip method for increasing children’s naturalist intelligences of kondergarden PERTIWI DAMPANG Kabupaten Bantaeng. This study uses experimental research with a type of quasieksperimental research with data collection techniques for naturalist intelligence tests and observation of teacher and child activities. The data analysis technique in this study is statistical analysis of descriptive data and inferential statistics to determine differences in anal naturalist intelligence before and after the application of field trip methods. The results showed an increase in the average score obtained by the children in the experimental class before and after the application of the field trip method from the score 4.3 increased to 12.7. Based on the Wilcoxon test it appears that negative rank ═0 means that no child gets a low score on the posttest than that pretest, positive rank= 9 means that there are 9 children who have increased at the posttest value is greater than the pretest and ties= 0 meaning that no child does not increase in value or all of them increase. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode field trip, untuk mengetahui gambaran kecerdasan naturalais anak, dan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran field trip terhadap kecerdasan naturalis anak di Taman Kanak kanak Pertiwi Dampang Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan adalah tes kecerdasan naturalis, dan obervasi kegiatan guru dan kegiatan anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara statistic deskriptif dan statistic inferesial untuk mengetahui perbedaan kecerdasan naturalis anak sebelum dan setelah penerapan metode field trip. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata skor yang dipeoleh anak pada kelas eksperimen sebelum dan setelah penerapan metode field trip dari skor 4.3 meningkat menjadi 12.7. Berdasarkan uji Wilcoxon nampak bahwa negative Rank = 0 artinya tidak ada anak yang mendapat nilai rendah pada posttest daripada pretest, positif Rank = 9 berarti terdapat 9 orang anak yang mengalami peningkatan pada saat posttest yang berarti nilai posttest lebih besar daripada nilai pretest, dan ties = 0 artinya tidak ada anak yang tidak meningkat nilainya atau semua mengalami peningkatan. Kata Kunci: Efektivitas Metode Pembelajaran Field Trip, Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Keyword : effectiveness of field trip learning methods, early childhood naturalist intelligence.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 05:36
Last Modified: 19 Mar 2019 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12643

Actions (login required)

View Item View Item