EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 6 PINRANG

Rohani, Rohani (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 6 PINRANG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS ROHANI.pdf

Download (75kB) | Preview

Pembelajaran Fisika yang dilakukan saat ini lebih banyak menggunakan metode ceramah akibatnya peserta didik menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu tingkat pemahaman fisika peserta didik menjadi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkanlah suatu metode yaitu penggunaan media animasi dalam pembelajaran agar peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik. Untuk tercapainya terjuan tersebut maka digunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) dalam tahap perencanaan dibuat RPP, LKPD, bahan ajar dan instrumen penelitian, 2) dalam tahap tindakan, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media animasi, 3) dalam tahap observasi, dilakukan pengamatan tentang aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik, 4) dalam tahap refleksi dilakukan pengkajian tentang segala bentuk aktivitas peserta didik dan faktor penyebab tinggi rendahnya aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik pada siklus tersebut. Selanjutnya mencari solusi yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik untuk dilakukan pada siklus berikutnya. Adapun perbaikan yang dilakukan pada siklus II yaitu menambah jumlah kelompok dari 6 kelompok menjadi 8 kelompok, memberikan perhatian yang lebih intens pada seluruh peserta didik. Dengan melakukan perbaikan dalam pembelajaran, maka pada siklus II berhasil mencapai persentase aktivitas yang tinggi dan pemahaman konsep fisika sebesar 78,79%. Nilai ini sudah mencapai indikator pencapaian keberhasilan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi dalam pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dan juga dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik Kata Kunci: Media animasi, aktivitas peserta didik, Pemahaman konsep Fisika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 05:32
Last Modified: 19 Mar 2019 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item