PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PBI(PROBLEM BASED INSTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA PESERTA DIDIKKELAS XD1 SMK NEGERI 1 PAREPARE

Fatmi, Nur Aziza and Arsyad, Muhammad and Helmi, Helmi (2019) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PBI(PROBLEM BASED INSTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA PESERTA DIDIKKELAS XD1 SMK NEGERI 1 PAREPARE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Nur Aziza Fatmi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Parepare melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)Berbantuan Media Powerpoint pada materi gaya, usaha, dan energi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XD1 SMK Negeri 1 Parepare Tahun Pelajaran 2018/2019sebanyak 20 orang peserta didik, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, Siklus I sebanyak 4 kali pertemuan dan Siklus II juga sebanyak 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar fisika dan angket minat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Secara kuantitatif nilai rata-rata minat belajar yang diperoleh peserta didik mengalami peningkatan sebesar 15,45% yaitu dari 64,23% (kategori cukup berminat) pada siklus I meningkat menjadi 79,68% (kategori berminat) pada siklus II. Untuk hasil belajar fisika mengalami peningkatan sebesar 13,40% yaitu dari 69,40% (kategori kurang) pada siklus I meningkat menjadi 82,00 % (kategori cukup) pada siklus II dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah sebanyak 10 orang (50%) yang tuntas sementara pada siklus II yang tuntas sebanyak 17 orang (85%) dari 20 peserta didik. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Instruction, Hasil Belajar, dan Minat Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 05:22
Last Modified: 19 Mar 2019 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item