Efektivitas Penggunaan Strategi Learning Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Watang Pulu

Herlina. H, Ida (2019) Efektivitas Penggunaan Strategi Learning Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX F SMP Negeri 1 Watang Pulu. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL LEARNING TOURNAMENT IDA HERLINA.pdf

Download (80kB) | Preview

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas dan hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran aktif strategi Learning Tournament pada standar kompetensi memahami konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada system saraf dan hewan yang mengandung listrik dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran aktif strategi LearningTournament.Untuk rancangan penelitian pada produk ini menggunakan post test only control design. Prosedur penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisa data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas peserta didik dengan melihat kemampuan, kerjasama dan keaktifan dalam menyelesaikan soal IPA dan interaksi antara guru dengan peserta didik serta peserta didik dengan peserta didik yang lain selama proses belajar mengajar berlangsung. dan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik menurut kriteria ketuntasan minimal (KKM) berdasarkan kompetensi dasar SMP Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap yaitu 75, hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 72,32 dari 28 peserta didik dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 16 orang dengan persentase 57,14%. Sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM adalah 12 orang dengan persentase 42,86%, sehingga dikatakan keberhasilan peserta didik terhadap pembelajaran IPA dengan strategi Learning Tournament pada siklus I belum tercapai, karena jumlah peserta didik yang mencapai KKM dibawah 75% dari jumlah seluruh peserta didik. Sedangkan pada siklus II, tes hasil belajar IPA melalui pembelajarandengan strategi Learning Tournament Peserta didik memperoleh rata-rata 79,64berarti terjadi peningkatan sebesar 7,32 yang memperoleh nilai diatas KKM mencapai persentase 78,57% dan yang tidak tuntas 6 orang dengan persentase 21,43% dari seluruh jumlah peserta didik.Dengan persentase tersebut pada siklus II ketuntasan belajar IPA meningkat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi Learning Tournament efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas IX F SMP Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci :Strategi Learning Tournament, aktivitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 05:16
Last Modified: 19 Mar 2019 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item