Manajemen Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar

MUCHTAR, FITRI YANTY (2015) Manajemen Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. S2 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
FITRI YANTY MUCHTAR.docx

Download (16kB)

ABSTRAK FITRI YANTY MUCHTAR 2015. Manajemen Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar (dibimbing oleh Syamsul Bahri dan Herman). Guru merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas pendidikan, kedepan setiap guru diharapkan memiliki kompetensi untuk mencapai kinerja yang lebih baik dan menjadi guru profesional. Namun, fenomena dilapangan menunjukkan bahwa masih ada guru yang cenderung kurang memahami Manajemen Pembelajaran. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran tentang manajemen pembelajaran guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. (ii) Untuk mengetahui peranan kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan pendekatan penelitian Studi Kasus pada tingkat organisasi Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru sebagai key informan, kepala sekolah, tenaga kependidikan, dan murid sebagai informen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu: reduksi data, penyajian data, pemeriksaan keabsahan data. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam manajemen pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Guru berperan sebagai manajer dalam sebuah kelas yang bertugas mengelola pembelajaran dan hasil belajar. Manajemen pembelajaran pada mata pelajaran IPS merupakan proses mengelola yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian (pengarahan) dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses membelajarkan siswa. Manajemen guru dalam pembelajaran IPS menjalankan amanah kurikulum, silabus pembelajaran IPS, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), metode, strategi pembelajaran IPS, dan evaluasi pembelajaran IPS serta bahan ajar. Kepala sekolah berperan sebagai education, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator dan entrepreneur. Kepala sekolah memegang peranan penting untuk menggerakkan para guru dalam mengoptimalkan fungsinya sebagai manajer di dalam kelas. Sebagai kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran guru pada mata pelajaran IPS SD dalam hal ini merencanakan pengawasan terhadap kinerja guru dimulai dari perencanaan manajemen pembelajaran IPS, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan evaluasi dan tindak lanjut.   ABSTRACT FITRI YANTY MUCHTAR. 2015. The Learning Management of Social Science Teachers at Elementary School in Rappocini Sub-District Makassar (Supervised By Syamsul Bahri And Herman). Teacher is one of the factors which determine the quality of education. In future time each teacher is expected to have competence to get better performance and become professional teacher. However, the phenomenon shows that there are some teachers who tend to have lack of understanding the learning management. Therefore, the objectives of the research are to discover (i) the description of learning management of Social Science Teachers at Elementary school in Rappocini Sub-district Makassar, (ii) the role of principal in learning management of Social Science teachers at Elementary School in Rappocini Sub-district Makassar city. This research was descriptive qualitative research with a case study approach in the organization level of Elementary School in Rappocini Sub-district Makassar. The data sources were the teachers as the key informant, principal, educational staff, and the students as the informants. The data collecting techniques used were observations, interview, and documentation. The data were then analyzed by using qualitative method conducted in several stages, namely: data reduction, data presentation, and data validation check. The results of the research show that in learning management at Elementary School in Rappocini Sub-district Makassar, the teachers are the managers in a classroom who assigned to manage the learning and the learning result. Learning management in Social Science is managing process which covers planning, organizing, controlling (briefing), and evaluating activities which related to the student’s learning process. The teacher’s management In Social Science learning is conducted based on the mandate of the curriculum, the syllabus of Social Science learning, lesson plan, method, Social Science learning strategy, and Social Science learning evaluation as well as material. The principal acts as education manager, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator and entrepreneur. The principal has important role in the classroom. As principal in learning management of Social Science teachers at Elementary School, in this case planning the supervision toward the teacher’s performance, started from planning learning management in Social Science, learning implementation, supervision evaluation, and follow-up.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 05:40
Last Modified: 23 Nov 2016 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item