PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 PAREPARE

Hartati. M, Hartati. M and Arsyad, Muhammad and Helmi, Helmi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 PAREPARE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HARTATI.pdf

Download (107kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap presentasi nilai, minat dan kategori keberhasilan Keterampilan Proses Sains (KPS) fisika peserta didik pada materi Kalor dan perpindahannya. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Desain ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning sedangkan kelas kontrol berupa pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) minat belajar fisika peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berada pada kategori tinggi; (2) minat belajar fisika peserta didik kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang; (3) keterampilan proses sains fisika peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi; (4) keterampilan proses sains fisika peserta didik kelas kontrol berada pada kategori tinggi; (5) terdapat perbedaan minat belajar fisika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi α = 5%. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Minat Belajar, Keterampilan Proses Sains (KPS) Fisika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 04:07
Last Modified: 19 Mar 2019 04:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item