Efektivitas Media Animasi Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Retensi Pada Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang

Azis,, Haeruddin and Arsyad,, Muhammad and Helmi, Helmi (2019) Efektivitas Media Animasi Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Retensi Pada Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL (FULL PAPER) FISIKA HAERUDDIN AZIS.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan retensi peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang melalui penerapan media animasi pembelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sengkang Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester ganjil sebanyak 30 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas empat komponen yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ujian tulis, tes ingatan jangka pendek peserta didik, tes ingatan jangka panjang peserta didik, dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) untuk evaluasi pemahaman konsep, didapatkan 25 orang (83,3%) yang mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (nilai 70) pada siklus I, dan meningkat menjadi 29 orang (96,7%) yang mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (nilai 70), (2) untuk retensi jangka pendek, didapatkan 26 orang (86,7%) yang dapat menuliskan kembali ≥50% konsep yang baru saja diajarkan,pada siklus I dan meningkat menjadi 29 orang (96,7%) pada siklus II, (3) untuk retensi jangka panjang, terdapat 26 orang (86,7%) yang dapat menuliskan kembali ≥20% konsep yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya pada siklus I, dan meningkat menjadi 28 orang (93,3%) pada siklus II, (4) untuk efektivitas media pembelajaran fisika terhadap peningkatan pemahaman konsep, retensi jangka pendek dan retensi jangka panjang didapatkan nilai efektivitas ≥1 yang berarti EFEKTIF Kata kunci : Animasi, Pemahaman, Konsep, fisika, Retensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:53
Last Modified: 19 Mar 2019 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12635

Actions (login required)

View Item View Item