PENGARUH EFIKASI DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X SMKN 4 GOWA

Syamsinar, Syamsinar (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X SMKN 4 GOWA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel_Syamsinar_162050701013_PMTK Pps UNM.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

ABSTRACK Penelitian ex-post facto ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh efikasi diri siswa tentang pelajaran matematika, kemandirian belajar, dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi berprestasi siswa kelas X SMKN 4 Gowa tahun pelajaran 2017/ 2018. Total populasi penelitian sebanyak 630 siswa dengan ukuran sampel sebanyak 210 siswa. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala efikasi diri tentang pelajaran matematika, (2) Skala kemandirian belajar, (3) Skala keterampilan sosial, (4) Skala motivasi berprestasi, dan (5) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisi dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa kelas X SMKN 4 Gowa memiliki efikasi diri tentang pelajaran matematika berada pada kategori cukup, kemandirian belajar, keterampilan sosial, dan motivasi berprestasi berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil belajar matematika berada pada kategori sangat rendah. (2) efikasi diri, kemandirian belajar, keterampilan sosial siswa mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap motivasi berprestasi siswa. (3) efikasi diri ,kemandirian belajar, keterampilan sosial tentang pelajaran matematika dan motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika siswa. (4) efikasi diri, kemandirian belajar, dan keterampilan sosial siswa masing-masing mempunyai pengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika siswa melalui motivasi berprestasi siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Keterampilan Sosial, Motivasi berprestasi, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:19
Last Modified: 18 Mar 2019 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item