OPTIMALISASI PERAN BALAI PEMASYARAKATAN KELAS 1 MAKASSAR DALAM PEMBIMBINGAN DAN PENGAWASAN ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DAN MEMPEROLEH PEMBEBASAN BERSYARAT

NURKHALIDA, NURKHALIDA (2019) OPTIMALISASI PERAN BALAI PEMASYARAKATAN KELAS 1 MAKASSAR DALAM PEMBIMBINGAN DAN PENGAWASAN ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DAN MEMPEROLEH PEMBEBASAN BERSYARAT. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
1. ARTIKEL.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

NURKHALIDA 2019. Optimalisasi Peran Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar tehadap Pembimbingan dan Pengawasan Anak yang Berhadapan dengan Hukum dan Memperoleh Pembebasan Bersyarat. (Dibimbing oleh Andi Kasmawati dan Sangkala Ibsik). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembimbingan dan pengawasan anak yang berhadapan dengan hukum dan memperoleh pembebasan bersyarat. Selain itu juga untuk mendalami faktor penghambat pelaksanaan pembimbingan dan pengawasan anak yang berkonflik dengan hukum dan memperoleh pembebasan bersyarat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan, 1) Pelaksanaan peran Bapas kelas I Makassar dalam pembimbingan anak yang berkonflik dengan hukum dan memperoleh pembebasan bersyarat yaitu pembimbingan kepribadian dan kemandirian sudah optimal ditandai dengan pemberian pembimbingan sesuai dengan kebutuhan anak ,2) Pelaksanaan peran Bapas kelas I Makassar dalam pengawasan anak yang berkonflik dengan hukum dan memperoleh pembebasan bersyarat belum optimal ditandai dengan meningkatnya jumlah anak yang tidak datang melakukan wajib lapor di Bapas kelas I Makassar dengan jadwal yang telah ditentukan Petugas Kemasyarakatatan Bapas, selain itu ada pula anak yang sudah lebih dari dua kali tidak melakukan wajib lapor dan tidak ditindaklanjuti petugas kemasyarakatan Bapas. 3) Faktor penghambat terlaksananya pembimbingan dan pengawasan anak yang berkonflik dengan hukum dan diberikan pembebasan bersyarat diantanya anggaran yang terbatas, kurangnya kepedulian petugas pembimbing kemasyarakatan terhadap klien anak, keterbatasan pegawai, kurangnya kesadaran orang tua, dan keterbatasan sarana dan prasarana. Kata Kunci : Anak berkonflik hukum, Pembimbingan, Pengawasan, Pembebasan Bersyarat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2019 01:34
Last Modified: 15 Mar 2019 01:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item