PERAN SMK SEBAGAI SPECIFIC HUMAN CAPITAL DALAM MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMASUKI DUNIA KERJA (KASUS DI KABUPATEN LUWU)

SYAMSUDDIN, NURFADILA (2019) PERAN SMK SEBAGAI SPECIFIC HUMAN CAPITAL DALAM MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMASUKI DUNIA KERJA (KASUS DI KABUPATEN LUWU). S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (145kB) | Preview

NURFADILA SYAMSUDDIN 2019. Peran SMK sebagai Specific Human Capital dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja (Kasus di Kabupaten Luwu), (Dibimbing oleh Patang dan Jamaluddin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peran SMK sebagai specific human capital dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk memasuki dunia kerja, Kesiapan kerja lulusan SMK untuk memasuki dunia kerja, Hambatan-hambatan yang dihadapi SMK dalam dalam mempersiapkan SDM untuk memasuki dunia kerja, dan Upaya yang dilakukan SMK dalam mengatasi hambatan-hambatan yang ada dalam mempersiapkan SDM dalam memasuki dunia kerja. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian statitik deskriptif dengan metode survey. Metode penentuan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan statistik deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari hasil penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Kuesioner terbagi dalam tiga kategori yaitu kuesioner untuk persepsi pihak sekolah, pengguna lulusan dan lulusan. Responden diperoleh dari 14 sekolah sampel yang diambil dari 24 jumlah populasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: SMK memiliki peran yang baik menurut pihak sekolah dan sangat baik menurut pengguna lulusan sebagai specific human capital dalam mempersiapkan SDM untuk memasuki dunia kerja, Lulusan SMK memiliki kesiapan kerja dengan kategori siap untuk memasuki dunia kerja menurut lulusan, Terdapat 12 hambatan yang dihadapi SMK di Kapupaten Luwu dalam memasuki dunia kerja, dan terdapat 12 upaya yang dilakukan SMK dalam mempersiapkan SDM dalam measuki dunia kerja. Kata kunci: Peran SMK, SDM dan Dunia kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2019 01:22
Last Modified: 15 Mar 2019 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item