PENERAPAN MEDIA BUKU ELEKTRONIK BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SISWA KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 5 SIDRAP

SULVIANA, SULVIANA (2019) PENERAPAN MEDIA BUKU ELEKTRONIK BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SISWA KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 5 SIDRAP. S1 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

SULVIANA. 2018. ”Penerapan Media Buku Elektronik Biologi untuk Meningkatkan Motivasi Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada siswa XI IPA1 SMAN 5 SIDRAP”. (dibimbing oleh Yusminah Hala dan Muhammad Danial) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar biologi siswa SMAN 5 Sidrap dengan menggunakan media buku elektronik Biologi pada materi sistem peredaran darah. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitiatif dan kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Motivasi belajar siswa pada siklus I berada kategori sangat tinggi, tinggi, dan sedang dan pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi dan tidak ada siswa berada kategori sedang, rendah dan sangat rendah; 2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II yaitu rata-rata siswa yang aktif menulis topik dan tujuan pembelajaran pada siklus I sebesar 21,9% menjadi 71,1% pada siklus II, siswa yang menyimak penjelasan guru pada siklus I sebesar 57% menjadi 94,7% pada siklus II, siswa mencatat atau menyalin apa yang telah dijelaskan oleh guru pada siklus I 14,9% menjadi 49,1% pada siklus II, siswa aktif membentuk tim sesuai dengan arahan guru pada siklus I 71,9% menjadi 92,1% pada siklus II, siswa aktif saat mencari jawaban LKS pada siklus I 61,4% menjadi 71,9% pada siklus II. siswa meminta bimbingan kepada guru saat kerja kelompok pada siklus I 25,4% menurun menjadi 17,5% pada siklus II, siswa yang aktif menulis kesimpulan saat pembelajaran selesai pada siklus I 14,9% pada siklus II menjadi 18,4%, siswa yang melakukan kegiatan lain baik dalam proses pemberian materi pelajaran maupun disaat mengerjakan tugas pada siklus I 16,7% pada siklus II menurun menjadi 3,5%; 3) Analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yakni sebesar 89,7%. Kata kunci: motivasi, aktivititas, hasil belajar, media buku elektronik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:40
Last Modified: 13 Mar 2019 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item