EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 SIDRAP

KASTAM, KASTAM (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 SIDRAP. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS KASTAM.docx

Download (49kB)

Kastam,2018 Efektivitas penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar biologi kelas X MIPA SMA Negeri 4 Sidrap (dibimbing oleh Muhiddin P. dan Andi Asmawati Azis). Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest- Posttest Design. Desain ini hanya melibatkan satu kelompok yang akan tampak dapat mengendalikan perbedaan antara subjek serta variabel dan dapat digunakan dalam mengevaluasi efektivitas suatu teknik pembelajaran yang baru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk Pre Test- Post Test. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Model Discovery Learning pada pembelajaran biologi kelas X MIPA SMA Negeri 4 Sidrap. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai pretest pada kelas X MIPA 2 rata-rata memiliki prestasi belajar biologi materi Plantae dalam kategori kurang (rendah). Nilai pretest yang diperoleh kelas X MIPA 2 memiliki rata- rata 54,12 yang seharusnya nilai kriteria ketuntasan minimal sekolah SMA Negeri 4 Sidrap yaitu 70. Setelah diberikan perlakuan (treatment) yaitu penggunaan model Discovery Learning pada pembelajaran biologi materi Plantae, nilai posttest peserta didik menunjukkan peningkatan dengana rata-rata 86,27 yang masuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci : Efektivitas, model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:22
Last Modified: 12 Mar 2019 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item View Item