PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA KELAS XI MIPA SMAN 6 BARRU

ARSAL, MUHAMMAD (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA KELAS XI MIPA SMAN 6 BARRU. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel - Muhammad Arsal.docx

Download (46kB)

MUHAMMAD ARSAL. 2018. ”Pengembangan Media Pembelajaran E modul materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru”. (dibimbing oleh Muhammad Danial dan Yusminah Hala) Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-modul materi Sistem Peredaran Darah yang bersifat valid, praktis dan efisien. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri atas 3 tahap yaitu : (1) analisis kebutuhan (Needs Assess), (2) desain (Design), (3) pengembangan dan implementasi (Develop and Implementation). Instrumen penilaian terdiri atas lima instrumen, yaitu (1) instrumen kevalidan instrumen penelitian, (2) instrumen kevalidan media, (3) instrumen uji kepraktisan oleh guru, (4) instrumen uji kepraktisan oleh peserta didik, dan (5) instrumen hasil belajar. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan media oleh dua validator sebesar 4,3 dengan kategori valid. Kepraktisan media diperoleh respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat kuat dan respon peserta didik sebesar 100% dengan kategori sangat kuat. Keefektifan media diperoleh 86,96% peserta didik mencapai nilai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran e-modul materi Sistem Peredaran Darah yang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: media, e-modul, pembelajaran, Sistem Peredaran Darah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:08
Last Modified: 12 Mar 2019 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item View Item