PENERAPAN METODE BELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII.4 SMPN 4 MODEL PAREPARE

SYARIF, SRI WAHYUNI (2019) PENERAPAN METODE BELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII.4 SMPN 4 MODEL PAREPARE. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
8. ARTIKEL.docx

Download (107kB)

Sri Wahyuni Syarif. Penerapan Metode Belajar Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII.4 SMPN 4 Parepare (dibimbing oleh Hj. Andi. Asmawati Aziz dan Muhiddin). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ((PTK) yang bertujuan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru sehingga motivasi,aktivitas dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat setelah penggunaan model pembelajaran tipe jigsaw. Tahap penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan pelaksanaan, yaitu: a) perencanaan (planning), (b) tindakan (action), (c) pengembangan observasi dan evaluasi (observation and evaluation) dan (d) refleksi (reflection). Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Tes yang digunakan adalah tes objektif. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti motivasi peserta didik siklus 1 untuk motivasi awal terdapat 15 (56%) peserta didik yang berada pada kategori sangat tinggi sedangkan untuk kategori tinggi terdapat 12(44%) peserta didik . Pada siklus II untuk motivasi akhir didapatkan hasil untuk kategori sangat tinggi terdapat 24 peserta didik (93%) dan terdapat 3 (7%) peserta didik untuk kategori tinggi . Hasil ini, menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas VIII.4 sudah baik dan mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Berdasarkan data keaktifan belajar speserta didik persentase kategori sangat aktif pada siklus I adalah 84% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95%. Pada skategori aktif pada siklus I adalah 16% mengalami penurunan pada siklus II menjadi 5% karena terjadi peningkatan aktivitas peserta didik sangat aktif dalam proses pembelajaran menggunakan tipe jigsaw. bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada tes akhir siklus I nilai tertinggi yaitu sebesar 89 sedangkan nilai terendah adalah 55. Hasil yang diperoleh dari skor nilai hasil rata-rata kelas siklus I sebesar 67,56. Pada siklus II, skor tes hasil tertinggi (post test II) adalah 95 sedangkan skor terendah 76. Hasil yang diperoleh dari skor nilai hasil rata-rata kelas siklus II sebesar 78% . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi,aktivitas dan hasil belajar peserta didik. kunci : pembelajaran kooperatif, jigsaw, motivasi belajar,aktivitas belajar dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:02
Last Modified: 12 Mar 2019 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12546

Actions (login required)

View Item View Item