Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Katerampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sisw Kelas VII MTs Negeri Parepare

Suryani, Nofia and Azis, Andi Asmawati and Muhiddin P, Muhiddin P (2019) Efektifitas Model Discovery Learning Terhadap Katerampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sisw Kelas VII MTs Negeri Parepare. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NOFIA SURYANI.pdf

Download (268kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan : Untuk menggambarkan efektivitas model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII MTs Negeri Parepare. Penelitian ini termasuk penelitian pra eksperimen. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII1 yang terdiri atas 34 orang. Teknik pengumpulan data untuk variable terikat dilakukan dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi yang dilengkapi dengan rubric penilaian untuk keterampilan proses sains, dan intrumen berupa tes hasil belajar bentuk soal pilihan ganda untuk data hasil belajar kognitif biologi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pretest ke posttest hasil belajar peserta didik yang diajar melalui model Pembelajaran Discovery Learning. Skor rata-rata pretest hasil belajar sebesar 54,11 meningkat pada posttest menjadi 86,27. Berdasarkan kategori N-gain, terdapat 47,05 % siswa masuk dalam kategori sedang, dan 52,94 % siswa masuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis data pada 8 Indikator keterampilan proses sains secara keseluruhan diperoleh 8 orang peserta didik yang memiliki kemampuan sedang, 25 orang peserta didik memiliki kemampuan baik dan 1 orang peserta didik memiliki kemampuan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan pada kelas VII MTs Negeri Parepare. . Kata kunci: Model Discovery Learning, Keterampilan Proses Science dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:41
Last Modified: 12 Mar 2019 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item