PERBEDAAN SELF REGULATED LEARNING, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION

SAIFULLAH, SAIFULLAH (2019) PERBEDAAN SELF REGULATED LEARNING, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL GROUP INVESTIGATION. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PERBEDAAN SELF REGULATED LEARNIN2.pdf

Download (249kB) | Preview

SAIFULLAH. 2019 Perbedaan Self Regulated Learning, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Antara yang Dibelajarkan dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Model Group Investigation. (Dibimbing oleh Ismail dan Muhiddin. P) Model pembelajaran discovery learning dan model group invstigation merupakan model pembelajaran yang direkomendasikan dalam kurikulum 2013 dan dianggap mampu mengembangkan kemampuan self regulated learning dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang tentunya berdampak terhadap hasil belajaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self regulated learning, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan menggunakan model discovery learning dan model group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain pretes-postest non equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Tengah tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 rombel, sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas VIIIC dan kelas VIIID, yang ditentukan secara randong sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur kemampuan self regulated learning, tes essay untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Untuk menggambarkan pengujian hipotesis penelitian terhadap perbedaan kemampuan self regulated learning, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi hitung yang diperoleh pada bagian self regulated learning adalah 0,045< sig (α)=0,05, nilai signifikansi hitung yang diperoleh pada bagian keterampilan berpikir kritis adalah 0,010 < sig (α) = 0,05 sedangkan pada hasil belajar siswa, nilai signifikansi hitung yang diperoleh adalah 0,015 < sig (α) = 0,05 Kata kunci: Discovery Learning, Group Investigation, Self Regulated Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:31
Last Modified: 12 Mar 2019 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item