PROGRAM RESETTLEMENT DESA: KAJIAN TENTANG PEMINDAHAN PENDUDUK LIWU KE DESA GU-LAKUDO KECAMATAN LAKUDO KABUPATEN BUTON TENGAH TAHUN (1969-1977)

ARWIN, ARWIN (2019) PROGRAM RESETTLEMENT DESA: KAJIAN TENTANG PEMINDAHAN PENDUDUK LIWU KE DESA GU-LAKUDO KECAMATAN LAKUDO KABUPATEN BUTON TENGAH TAHUN (1969-1977). Diploma thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arwin Program Resettlement Desa: Kajian tentang Pemindahan Penduduk Liwu ke Kampung Gu-Lakudo Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah tahun (19691977)).Skripsi,Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.Dibimbing oleh Muh. Rasyid Ridha dan H.Saleh Majid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang pemindahan penduduk Liwu ke kampung Gu-Lakudo, proses pemindahan dan dampak pemindahan penduduk Liwu ke kampung Gu-Lakudo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap, yaitu heuristik (mencari dan pengumpulan sumber), kritik sumber (kritik ekstern dan kritik intern), interpretasi (penafsiran sumber) dan historiografi (penulisan sejarah). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan penelitian lapangan (wawancara) dan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan latar belakang pemindahan penduduk liwu ke kampung Gu-Lakudo yaitu pada tahun 1969-1977 yang dilakukan oleh pemerintah khusunya pemerintah Kabupaten Buton. Pemindahan tersebut dikarenakan lokasi kampung lama Liwu Lakudo yang berada dipegunungan dan nyaris tidak memiliki akses menuju kampung tersebut sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh pemerintah dalam menjalankan tugasnya dalam melakukan pembangunan dan pembinaan masyarakat. Kemudian dalam pemindahannya terdapat dua tahapan yang pertama adalah kelompok nelayan dan tahap ke dua adalah kelompok penati. Dengan adanya pemindahan tersebut maka seiring dengan berjalannya pemerintahan Desa Gu-Lakudo mengalami perkembangan baik dalam sistem pemerintahan,perkembangan jumlah penduduk dan infrastruktur sosial serta perekonomian yang setiap tahun mengalami peningkatan dari tahun 1969-1977. Dengan adanya perkembangan maka terdapat pula dampak yang ditimbulkan dalam pembentukan desa yaitu mempercepat pelayanan untuk masyarakat, pembangunan semakin nampak serta kesejahteraan sisoal masyarakat semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan Program Resettlement Desa: kajian tentang pemindahan penduduk Liwu ke kampung Gu-Lakudo pada tahun 1969-1977 telah mengalami kemajuan diberbagai bidang seperti sosial, ekonomi, politik agama dan budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Mar 2019 05:54
Last Modified: 11 Mar 2019 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item