KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS VII SMPN 24 MAKASSAR

ATIFAH ANWAR, NUR INDAH (2019) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS VII SMPN 24 MAKASSAR. S2 thesis, FIK.

Full text not available from this repository.

NUR INDAH ATIFAH ANWAR, 2019. Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Team Games Tournament ) Dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Keterampilan Lompat Jauh Siswa Kelas VII SMPN 24 Makassar. ( Dibimbing oleh Djen Djalal dan Suwardi ) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap perbedaan keterampilan lompat jauh siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini ada dua. Kelompok pertama diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan kelompok kedua menerima perlakuan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 24 Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, yang berjumlah 396 siswa yang terbagi dalam 11 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 1 dan VII 2 yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian berlangsung selama 5 kali pertemuan. Perlakuan berlangsung selama tiga kali pertemuan dan sebelum diberikan perlakuan kedua kelompok diberikan pretest dan setelah perlakuan diberikan posttest berupa tes lompat jauh. Hasil penelitian menunjukkan skor lompat jauh siswa meningkat secara signifikan melalui kedua model pembelajaran. hasil penelitian juga menunjukkan model pembelajaran kooperatif lebih baik dalam meningkatkan lompat jauh siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament, Model Pembelajaran Langsung, Lompat Jauh, Pendidikan Jasmani.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item View Item