ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DENGAN BAHASA BUGIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

AYULIANA, AYULIANA (2019) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DENGAN BAHASA BUGIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG. Diploma thesis, FBS.

Full text not available from this repository.

Abstract

AYULIANA, 2018. “Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Indonesia dengan bahasa Bugis dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Donri-Donri Kabupaten Soppeng”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Azis dan Andi Fatimah Yunus). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Indonesia dengan bahasa Bugis dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan siswa dalam bentuk percakapan pada tataran (kata, frasa, klausa, dan kalimat) yang memiliki unsur alih kode dan campur kode dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Donri-donri Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Teknik simak bebas libat cakap (2) Teknik catat (3) Teknik Rekam. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) tahap pereduksian data, (2) tahap penyajian data, (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia wujud alih kode yang dilakukan siswa berupa alih kode intern yakni alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Bugis dan alih kode dari bahasa Bugis ke bahasa Indonesia yang berwujud kalimat. Campur kode yang dilakukan siswa yaitu campur kode berwujud kata dan frasa. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, saran yang diajukan peneliti yaitu diharapkan kepada guru mata pelajaran kelas VIII SMP Negeri 2 Donri-donri Kabupaten Soppeng memberikan penekanan kepada siswa untuk mengurangi penggunaan bahasa Bugis dalam situasi formal yakni dalam proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk membudayakan penggunaan bahasa Indonesia dalam lingkungan formal, termasuk dalam dunia pendidikan. Selain itu, diharapkan pula bagi guru dan siswa lebih mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kata Kunci: alih kode, campur kode, bahasa Indonesia, bahasa Bugis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:29
Last Modified: 11 Mar 2019 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item