PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI PADA MURID KELAS V DI SDN 027 RENGGEANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

JUPRI, JUPRI (2018) PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI PADA MURID KELAS V DI SDN 027 RENGGEANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Diploma thesis, FIK.

Full text not available from this repository.

Abstract

JUPRI. 2018. Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Melalui Pendekatan Modifikasi Permainan Bola Voli pada Murid Kelas V di SDN 027 Renggeang Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Jurusan PGSD DIKJAS Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Pembelajaran penjasorkes yang sering kali tidak sesuai dengan karateristik murid membuat kreativitas anak menjadi terabaikan dan hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal. Maka perlu adanya modifikasi media pembelajaran yang sesungguhnya. Permasalahan dan penelitian ini adalah “ Apakah pembelajaran menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada murid kelas V di SDN 027 Renggeang Kabupaten Polewali Mandar? ” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar bola voli melalui modifikasi bola voli mini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 027 Renggeang Kabupaten Polewali Mandar, sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas V yang berjumlah 23 murid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi serta angket/kuesioner yang digunakan untuk mengetahui pemahaman murid terhadap materi bola voli. Data hasil pengamatan siklus I dan II yaitu: unjuk kerja (psikomotor) diperoleh hasil sebesar 62,71% dan 76,34% dengan kriteria baik. Data hasil pengamatan sikap dan perilaku (afektif) adalah 56,34% dan 75,72% dengan kriteria baik. Data hasil penilaian pemahaman murid (kognitif) sebesar 52,24% dan 95,74% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus I dan siklus II, secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar bola voli murid. Oleh karena itu diharapkan bagi murid dengan adanya modifikasi permainan bola voli mini agar lebih semangat lagi mengikuti pembelajaran penjasorkes, bagi guru penjasorkes di SDN 027 Renggeang dapat menggunakan modifikasi bola voli mini dalam pembelajaran bola voli, menggunakan modifikasi permainan bola voli mini sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes, sebagai sekolah juga diharapkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada sebagai penunjang dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:15
Last Modified: 11 Mar 2019 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item View Item