PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS VII-a SMP NEGERI 3 BONTOMARANNU KAB. GOWA

RAMLAH, RAMLAH (2019) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS VII-a SMP NEGERI 3 BONTOMARANNU KAB. GOWA. S1 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramlah, 2018. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan scientific pada Siswa Kelas VII-a SMP Negeri 3 Bontomarannu Kab. Gowa. (Dibimbing oleh Prof. Dr. Irwan Akib, M.Pd dan Dr. Wahidah Sanusi, M.Si). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan dua siklus, tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa serta hasil belajar matematika siswa kelas VII-a SMPN 3 Bontomarannu Kab. Gowa. melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan scientific. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-a SMPN 3 Bontomarannu Kab. Gowa TP. 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, observasi, wawancara, catatan lapangan dan refleksi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang terlihat dari skor rata-rata kemampuan awal siswa adalah 49,5 dengan persentase ketuntasan 6,25%, pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 73,39 dengan persentase ketuntasan 61,47%, sedangkan pada siklus II menjadi 79,24 dengan persentase ketuntasan 81,24%. Secara kuantitatif terjadi ketuntasan secara klasikal ≥ 80%. Hasil analisis kualitatif berdasarkan keterampilan guru terjadi peningkatan tiap siklusnya, ditunjukkan dengan skor yang didapat pada siklus I 23,67 dengan kategori baik meningkat menjadi 29,67 dengan kategori sangat baik pada siklus II, aktivitas siswa terjadi perubahan sikap siswa, keaktifan, serta motivasi siswa belajar matematika menunjukkan peningkatan setiap siklusnya, dengan skor diperoleh pada siklus I adalah 23,69 dengan kategori baik dan meningkat menjadi 27,09 dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan scientific.pemberian kuis dengan umpan balik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas VII-a SMP Negeri 3 Bontomarannu Kab. Gowa. Kata kunci: keterampilan guru, aktivitas siswa, Missouri mathematic project, saintifik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Mar 2019 00:39
Last Modified: 11 Mar 2019 00:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item