EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROJEC BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS VI SD INPRES PATTALLIKANG KEC. MENUJU KAB. GOWA

ROSBIANTI, ROSBIANTI (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROJEC BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS VI SD INPRES PATTALLIKANG KEC. MENUJU KAB. GOWA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel 2 edit.pdf

Download (112kB) | Preview

Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuigambaran kemampuan menulis teks biografi pesertadidik yang diajarsecarakonvensional dengan yang diajarmenggunakan model pembelajaran Project Based Learning. (2) mengetahuiperbedaankemampuan menulis teks biografi pesertadidik yang diajarsecarakonvensionaldengan yang diajarmenggunakan model pembelajaran Project Based Learning. (3) mengetahuiresponpesertadidikterhadappembelajarandengan model Project Based Learning. Penelitianinidilaksanakan di SD InpresPattallikangKec.MenujuKab.Gowadenganpopulasipenelitianadalahsemuakelas VI yang terdiridari 13 kelas semester genaptahunpelajaran 2016/2017, dan 2 kelassampelmelaluiacakkelasdenganasumsibahwasemuakelasadalahhomogen. Analisis data yang digunakanadalahanalisis data deskriptifuntukmendeskripsikankemampuanmenulisteksbiografi, aktivitassertaresponpesertadidikterhadappembelajarandananalisis data inferensialuntukmengujiperbedaankemampuanmenulisteksbiografipadaKelas yang diajarsecarakonvensionaldengankelas yang diajardenganmenerapkan model pembelajaranProject Based Learning.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) Penerapan model Project Based Learningdengantahapanpenentuanobjek, penayangan video biografi Sultan Hasanuddin, menulishal-halpentingdalam video yang ditampilkan, merangkai kata denganfasilitasdan monitoring guru, danpenyusunanlaporandanpersentasihasilpadaumumnyaterlaksanadenganbaik. (2) Kemampuanmenulisteksbiografipesertadidikkelaseksperimendenganpenerapan model pembelajaranProject Based Learningberadapadakategorisangatbaikdengan rata-rata nilaipre-test 60 danpost-test 80. Sedangkankemampuanmenulisteksbiografikelasontrolberadapadakategoricukupdengannilai rata-rata pre-test 57 danpost-test 60.(3) Penerapan modelpembelajaranProject Based Learningefektifterhadapkemampuanmenulisteksbiografipesertadidikkelas VI SD InpresPattallikangKecamatanMenujuKabupatenGowa. Kata Kunci :Projec Based Learning, KemampuanMenulisTeksBiografi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:31
Last Modified: 06 Mar 2019 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item