PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA DINI DI KABUPATEN TAKALAR

Rusadi, Nur Yuliani (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA DINI DI KABUPATEN TAKALAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL TESIS1.pdf

Download (637kB)

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengembangan model pembelajaran bermain peran dalam mengurangi perilaku agresif pada anak usia dini, 2) Mengetahui gambaran keterlaksanaan model pembelajaran bermain peran untuk mengurangi perilaku agresif pada anak sebagai hasil pengembangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 3 tahap dari 4 tahap yang ada pada model 4 D, yaitu define (pendefinisian), design (desain), dan development (pengembangan). Objek penelitian adalah peserta Didik Taman Kanak-Kanak Azzahrah Kabupaten Takalaryang berjumlah 4 orang anak didik yang berusia 4-6 tahundan subjek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran bermain peran untuk mengurangi perilaku agresif pada anak usia dini. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan kegiatan guru, aktivitas anak, dan pengelolaan pembelajaran, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan angket respon guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran model bermain peran untuk mengurangi perilaku agresif anak usia dini dinyatakan valid, 2) Terjadi penurunan frekuensi perilaku agresif anak dari kondisi baseline I ke kondisi baseline II setelah pemberian intervensi bermain peran dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci : Model Pembelajaran, Bermain Peran, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:16
Last Modified: 06 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item View Item