PENGGUNAAN METODE HIPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA SISWA SMAN 3 PANGKAJENE

ABUHAER, HERAWATI (2017) PENGGUNAAN METODE HIPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA SISWA SMAN 3 PANGKAJENE. S1 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

Herawati. 2017. Penggunaan Metode Hipnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berbicara Siswa pada Siswa SMAN 3 Pangkajene. (Dibimbing oleh Haryanto dan Andi Muliati) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Hypnoteaching meningkatkan prestasi belajar siswa dalam berbicara dan untuk menggambarkan apakah penggunaan Hypnoteaching memicu motivasi siswa dalam belajar berbicara di SMA Negeri 3 Pangkajene. Peneliti menerapkan desain penelitian kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Pangkajene tahun pelajaran 2016/2017. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling, dimana dua kelas diambil secara acak sebagai sampel, kelas X Annafis yang terdiri dari 16 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X Al kwarizmi yang juga terdiri dari 16 siswa sebagai kelas kontrol. Ada dua variabel dalam penelitian ini, yaitu penerapan metode Hypnoteaching sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam berbicara sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan melalui tes berbicara yang dilakukan pada pre-test dan post-test pada masing-masing kelas. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data motivasi siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t-test lebih besar dari nilai t tabel (5,79> 2,1) pada tingkat signifikansi (p) = 0,05. Artinya ada perbedaan kemampuan berbicara yang signifikan antara dua kelas dan ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Oleh karena itu, berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Hypnoteaching meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hasil analisis data dari kuesioner menunjukkan bahwa 43,75% siswa dapat dikategorikan sebagai siswa yang memiliki motivasi tinggi setelah perlakuan. Berdasarkan data tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berbicara. Kata Kunci : Metode Hypnoteaching, Motivasi, Berbicara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2019 00:26
Last Modified: 06 Mar 2019 00:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12477

Actions (login required)

View Item View Item