PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD BERBANTUAN KOMPUTER BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA NEGERI 9 PANGKEP SMA NEGERI 9 PANGKEP

MAULIDIAH, MAULIDIAH (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD BERBANTUAN KOMPUTER BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA NEGERI 9 PANGKEP SMA NEGERI 9 PANGKEP. S1 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

MAULIDIAH. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Komputer Berbasis Konstruktivistik pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA Negeri 9 Pangkep (dibimbing oleh Oslan Jumadi dan A. Asmawati Azis) Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbantuan komputer berbasis konstruktivistik yang bersifat valid, praktis dan efektif, pada materi sistem peredaran darah. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) analisis (Analysis); (2) perancangan (Design); dan (3) pengembangan (Development); implementasi (Implementation); dan evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan berupa instrumen penilaian kevalidan LKPD berbantuan komputer berbasis konstruktivistik dan instrumen penilaian kevalidan angket, (2) instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan respon peserta didik terhadap LKPD berbantuan komputer berbasis konstruktivistik, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan (3) instrumen keefektifan berupa tes evaluasi hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevalidan LKPD oleh dua validator ahli yaitu 4,1 yang berada pada kategori valid. Kepraktisan LKPD diperoleh respon guru sebesar 100% (sangat kuat), respon peserta didik sebesar 100% (sangat kuat), dan rata-rata total keterlaksanaan pembelajaran sebesar 1,54 yang berada pada kategori terlaksana sangat baik. Keefektifan LKPD diperoleh 91,67% peserta didik mencapai nilai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantuan komputer berbasis konstruktivistik yang dikembangkan bersifat valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: penelitian & pengembangan, LKPD, berbantuan komputer, berbasis konstruktivistik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2019 00:17
Last Modified: 06 Mar 2019 00:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item