PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA KELAS IX D SMP ANGKASA MAROS

Yanti, Rahma and Ruslan, Ruslan and Djadir, Djadir (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG PADA SISWA KELAS IX D SMP ANGKASA MAROS. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (344kB) | Preview

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach), yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pendekatan realistik pada materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX D SMP Angkasa Maros. Secara khusus bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX D SMP Angkasa Maros melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pendekatan realistik, dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa kelas IX D SMP Angkasa Maros melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan pendekatan realistik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Angkasa Maros, kelurahan Hasanuddin kecamatan Mandai Kabupaten Maros, Propinsi Sulawesi Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Angkasa Maros pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklus I disajikan selama 4 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes hasil belajar siswa. siklus II disajikan selama 4 kali tindakan dan 1 kali pemberian tes hasil belajar siswa. Data aktivitas pembelajaran digali dengan lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, dan iklim kelas, serta data hasil belajar siswa digali dengan tes soal uraian sebanyak 5 nomor setiap siklus dan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Creative Problem Solving dengan pendekatan realistik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung, dimana data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil tes belajar siswa 66,26 dengan persentase respons positif siswa 84,95 dan pada siklus II rata-rata hasil tes belajar siswa 75,33 dengan persentase respons positif siswa 93,29%. Kata kunci: Meningkatkan kualitas pembelajaran, Creative Problem Solving (CPS), pendekatan realistik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Mar 2019 05:17
Last Modified: 04 Mar 2019 05:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12462

Actions (login required)

View Item View Item