PENGEMBANGAN MODUL TRACKING DATA PENULISAN TESIS PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TESIS DI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Rudianto, Rudianto and Muis.M, Abdul and Djawad, Yasser Abdul (2019) PENGEMBANGAN MODUL TRACKING DATA PENULISAN TESIS PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TESIS DI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (500kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada Mahasiswa, Staf, Ketua prodi, dan Dosen yang terdapat pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan menerapkan pengembangan modul tracking data penulisan tesis pada sistem informasi management tesis yang layak digunakan yang mencakup indikator valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan modul tracking data penulisan tesis pada sistem informasi management tesis menggunakan metode SDLC (Simple life Development Cycle) dan mengikuti langkah-langkah pengembangan menggunakan model prototyping yang memiliki 7 tahap perancangan yang digunakan yaitu : (1) Analisis kebutuhan, (2) melakukan perancangan, (3) membangun prototype, (4) evaluasi, (5) Perubahan rancangan dan prototype, (6) Jika terdapat perubahan pada prototype yang dibangun maka akan diulangi langkah kelima, dan (7) Pengembangan produk skala besar. Sistem yang dikembangkan telah di validasi oleh dua orang tenaga ahli dengan menilai tiga aspek yaitu Aspek (1) konten dengan nilai rata-rata 3,45 dan persentase 86,25%, (2) pengguna dengan nilai rata-rata 3,63 dan persentase 90,76%, dan (3) program dengan rata-rata 3,58 dan persentase 89,06%. Masing masing kategori dinilai sangat baik dengan keterangan sistem layak digunakan dalam skala besar sehingga pengembangan dinyatakan valid untuk digunakan. Pengembangan dinyatakan efektif berdasarkan uji coba kelompok kecil sesuai indikator kefektifan menghasilkan rata-rata 3,57 dengan persentase 89,92% kategori sangat baik dan jumlah 7 subjek uji coba. Uji coba lapangan sesuai indikator keefektifan menghasilkan rata 3,47 dengan persentase 86,63% kategori sangat baik dan jumlah 81 subjek uji coba. Sesuai denga hasil masing-masing kategori adalah sangat baik maka sistem dinyatakan efektif. Pengembangan dinyatakan praktis berdasarkan uji coba kelompok kecil sesuai indikator kepraktisan menghasilkan rata-rata 3,50 dengan persentase 87,50% kategori sangat baik dan jumlah 7 subjek uji coba. Uji coba lapangan sesuai indikator kepraktisan menghasilkan rata 3,52 dengan persentase 88% kategori sangat baik dan jumlah 81 subjek uji coba. Sesuai dengan hasil masing-masing kategori adalah sangat baik maka sistem dinyatakan praktis. Respon dari Mahasiswa, Staf, Ketua prodi dan Dosen pada Program Pascarsarjana Universitas Negeri Makassar memberikan tanggapan sangat baik dan penilaian yang positif terhadap pengembangan modul tracking data penulisan tesis pada sistem informasi management tesis yang dikembangkan. Kata Kunci: Media pembelajaran, e-learning, pengembangan teknologi pendidikan islam, moodle.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:12
Last Modified: 04 Mar 2019 04:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item View Item