PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PESANTREN ULUL AL BAB MAKASSAR

HIDAYAT, RAHMAT (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PESANTREN ULUL AL BAB MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan Penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan karakter (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel terhadap populasi seluruh peserta didik pada jenjang kelas VII dan VIII di SMP Pesantren Ulul Al Bab Makassar dengan menggunakan metode kusioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) secara parsial (Uji t) variabel Pendidikan Karakter (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik (Y), (ii) Secara simultan (uji F) variabel-variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. (iii) Persamaan regresi pada penelitian ini adalah Ý = 55,156 + 0,363X1+ 0,651X2. Berdasarkan uji determinasi dengan hasil R square sebesar 0,665 sehingga disimpulkan masing-masing variabel bebas pendidikan karakter dan status sosial ekonomi orang tua memberikan pengaruh sebesar 66,5 % terhadap variabel terikat prestasi belajar di SMP Pesantren Ulul Al Bab Makassar. Kata kunci : Pendidikan karakter, status sosial ekonomi orang tua, prestasi belaja dan persamaan regresi berganda

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:11
Last Modified: 04 Mar 2019 04:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item