PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BOLAVOLI SERVIS BAWAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 24 MAKASSAR

ASNIAR, ASNIAR (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BOLAVOLI SERVIS BAWAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 24 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asniar, 2019. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Bolavoli Servis Bawah Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 MAKASSAR. Tesis. Dr. Andi Suyuti, M.Pd dan Dr. Hikmad Hakim, M.Kes Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik kelas VII9 SMP Negeri 24 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik kelas VII9 SMP Negeri 24 Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik kelas VII9 SMP Negeri 24 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah implementasi model Model Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Setting penelitian adalah Kelas VII9 SMP Negeri 24 Makassar dan yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas kelas VII9 SMP Negeri 24 Makassar yang bejumlah 36 peserta didik dengan rincian siswa 16 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam proses pembelajaran peserta didik mengalami peningkatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan servis bawah bolavoli peserta didik kelas VII9 SMPN 24 MAKASSAR termasuk dalam kategori baik. (2) Hasil belajar servis bawah bolavoli peserta didik kelas VII9 SMPN 24 MAKASSAR termasuk dalam kategori baik. (3) dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkat. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe STAD,Hasil Belajar Bolavoli Servis Bawah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:57
Last Modified: 18 Jun 2019 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item View Item