PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI PONDOK PESANTEREN IMMIM PUTRA MAKASSAR)

NASRAN, NASRAN (2019) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN DAN KEMANDIRIAN SANTRI (STUDI PONDOK PESANTEREN IMMIM PUTRA MAKASSAR). S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Nasran, 2018. Peran Pondok Pesantren dalam Pembinaan Karakter Disiplin dan Kemandirian santri (Studi Pondok Pesantren IMMIM Putra Makassar). (Dibimbing oleh Imam Suyitno dan Darman Manda). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri. Dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri di pesantren IMMIM Putra Makassar. Penelitian ini adalah penelitian mengunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisi data yang dilakukan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembinaan karakter dan disiplin santri di pesantren IMMIM Putra Makassar meliputi kegiatan a) Kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan). b) Pembudayaan dalam pengembangan diri (Kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengondisian). c) kegiatan ekstrakurikuler yang di laksanakan di luar konteks pembelajaran di dalam kelas yaitu kegiatan (Bidang keagamaan, Bidang kepemimpinan, Bidang olaraga, Bidang seni dan Bidang life skill). Faktor pendukung yang berpengaruh terhadap proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri di pesantren IMMIM Putra Makassar yaitu pesantren menyiapkan pengajar khusus bidang keagamaan dalam pendidikan pesantren, buku kitab keagamaan penunjang pembelajaran santri, sarana dan prasarana yang memadai, adanya kepala kepesantrenan dan sekolah yang mengatur serta mengawasi, dukungan orang tua, pembina dan guru serta kesemangatan setiap santri dalam belajar baik dalam kelas mapun diluar kelas. Faktor penghambat yang mempengaruhi proses pembinaan karakter disiplin dan kemandirian santri di pesantren IMMIM Putra Makassar yaitu latar belakang santri, sarana prasarana tidak terjaga dengan baik, kurangnya kesadaran santri, keinginan belajar santri yang pasang surut, pengaruh lingkungan santri tinggal ataupun bersosialisasi, santri selalu tergantung sepenuhnya kepada orang tua. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Santri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:44
Last Modified: 28 Feb 2019 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12434

Actions (login required)

View Item View Item