Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Dan Segiempat Berdasarkan Prosedur Newman

Yusmar, Muhammad (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Dan Segiempat Berdasarkan Prosedur Newman. Diploma thesis, MIPA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan penyelesaian soal cerita matematika materi segitiga dan segiempat berdasarkan prosedur Newman. Adapun teknik pengumpulan data dengan pemberian tes kemampuan matematika, tes diagnostik dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada indikator soal luas dan keliling segitiga kesalahan yang ditemukan oleh (1) subjek dengan kemampuan tinggi adalah kesalahan transformasi dan kesalahan penulisan jawaban akhir, (2) subjek dengan kemampuan sedang adalah kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir, dan (3) subjek dengan kemampuan rendah adalah kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Sedangkan pada indikator soal keliling dan luas perpaduan berbagai bagun datar jenis kesalahan yang ditemukan oleh (1) subjek dengan kemampuan tinggi adalah kesalahan transformasi dan kesalahan penulisan jawaban akhir, (2) subjek dengan kemampuan sedang adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah (comprehension errors), kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir, dan (3) subjek dengan kemampuan rendah adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kata kunci: Kesalahan, Newman, KemampuanKmatematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:49
Last Modified: 28 Feb 2019 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item