PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 18 BONE (STUDI PADA MATERI POKOK KOLOID

Ilyas, Asmawati (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 18 BONE (STUDI PADA MATERI POKOK KOLOID. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran proses pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi pokok koloid, (2) menghasilkan modul pembelajaran berbasis proyek yang valid, efektif dan praktis, (3) untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skills) peserta didik di SMA Negeri 18 Bone. Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada materi pokok koloid berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model ADDIE yang terbagi dalm lima tahapan yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Modul pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil analisis berada pada kategori sangat valid. Hasil analisis keterlaksanaan modul pembelajaran berbasis proyek dari segi aspek dan kriterianya terlaksana seluruhnya dengan nilai rata-rata 1,83, didukung oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 3,66, dan respon guru yang sangat positif dengan nilai rata-rata mencapai 95% sehingga modul pembelajaran berbasis proyek memenuhi kriteria praktis. Tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan ditunjukkan oleh ketuntasan belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bone yang mencapai 83,3 %, didukung oleh respon peserta didik yang sangat positif dengan nilai rata-rata 92,67% sehingga modul pembelajaran berbasis proyek memenuhi kriteria efektif. Hasil pengamatan kecakapan berpikir (thinking skill), kecakapan sosial (social skill), dan kecakapan akademik (academic skill) menunjukkan persentase peningkatan pada setiap pertemuan. Dengan demikian modul pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada materi pokok koloid yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kecakapan hidup (life skills) peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bone. Kata kunci: Modul pembelajaran, Project Based Learning (PjBL), Koloid, Kecakapan hidup (life skills).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:28
Last Modified: 28 Feb 2019 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item