Implementasi Kebijakan Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar)

Idhan, Idhan and Kahar, Fakhri and Yamin, Muhammad Nur (2019) Implementasi Kebijakan Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL IDHAN__1465140012.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kebijakan Baca-Tulis Al-Qur’an pada Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pendidikan Baca-Tulis Al-Qur’an pada Taman Pendidikan Al-Qur’an Jannatul Firaduz, Masjid Ikhtiar, dan Al-Amin di Kecamatan Tamalanrea, dengan mengidentifikasi proses-proses implementasi melalui 3 dimensi variabel umum menurut Daniel Mazmanian dan Paul A. Sabatier yaitu Karakteristik dari Masalah, Karakteristik Kebijakan dan Variabel Lingkungan, ditarik kesimpulan bahwa program kebijakan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang pendidikan baca-tulis Al-Qur’an pada Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Tamalanrea terimplementasi dengan baik, namun dalam pelaksanaannya ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi proses implementasi kebijakan baca- tulis Al-Qur’an seperti tidak tetapnya alokasi sumber daya finansial, pengaruh perkembangan teknologi, dan kesulitan teknis dalam pengajaran Al-Qur’an. Kata Kunci.Implementasi, Pendidikan Baca Tulis Al-Quran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2019 05:58
Last Modified: 27 Feb 2019 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item