IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MALIMONGAN KOTA PALOPO

Sombolinggi, Herindiati Tangke and Mansyur, Mansyur and Sappaile, Baso Intang (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MALIMONGAN KOTA PALOPO. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (206kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang penilaian autentik, perencanaan, pelaksanaan dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian autentik di SD Negeri 4 Malimongan Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4 Malimongan Kota Palopo. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu : (i) guru mengetahui adanya penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 tetapi belum memahami secara luas dan mendalam, (ii) pada aspek perencanaan telah memenuhi sebagian besar indikator. Hal ini ditandai dengan kesiapan guru membuat rubrik dan instrumen penilaian untuk setiap teknik yang akan dipakai dalam melaksanakan penilaian autentik, (iii) guru telah melaksanakan penilaian autentik secara menyeluruh tetapi guru belum menggunakan teknik penilaian autentik yang bervariasi, dan (iv) faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik adalah adanya motivasi, adanya buku guru, kesiapan siswa dalam pembelajaran, pemahaman dan penguasaan guru. Faktor penghambat adalah, keterbatasan waktu dalam menilai, terlalu banyak perangkat pembelajaran yang harus disusun, kurangnya pemahaman guru, dan jumlah peserta didik dalam satu kelas yang melebihi jumlah maksimal. Kata Kunci: Penilaian autentik, Deskriptif kualitatif, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2019 03:07
Last Modified: 27 Feb 2019 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12400

Actions (login required)

View Item View Item