PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SDN 008 CAMBA – CAMBA KABUPATEN POLEWALI MANDAR

R, NURHAIDA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SDN 008 CAMBA – CAMBA KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

NURHAIDA R 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SDN 008 Camba – camba Kabupaten Polewali Mandar, (dibimbing oleh Herman dan Darman Manda). Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran Role Playing; (ii) mengetahui seberapa besar hasil belajar penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle; (iii) mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 008 Camba-camba Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian merupakan pre-eksperimen, dengan model pre-test post-test one group design. Instrument penelitian berupa test hasil belajar (pretest dan posttest), dan lembar kegiatan aktivitas siswa. Data Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajarnya. Analisis statistik inferensial uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi berganda dan (uji-t) digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle terhadap hasil belajar ips peserta didik melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN 008 Camba – camba Kabupaten Polewali Mandar sebelum menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle berada pada kategori sangat rendah (2) kemudian terjadi peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN 008 Camba – camba. Kata Kunci: Pengaruh model pembelajaran Role Playing, Inside Outside Circle

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2019 01:29
Last Modified: 27 Feb 2019 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12398

Actions (login required)

View Item View Item