Pengembangan E-book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros

K, Merita Wijayanti (2018) Pengembangan E-book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi sumber belajar harus mampu menampilkan gambar, audio dan video dalam satu paket buku sehingga dapat membantu peserta didik memvisualisasikan pembelajaran yang bersifat abstrak. Salah satu alternatif sumber belajar yang dapat digunakan adalah buku digital (e-book). Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat buku digital adalah sigil yang dapat mengkonversi file word menjadi file berekstensi ePub yang dapat dibaca melalui laptop atau komputer dan handphone yang memiliki aplikasi pembaca buku digital. Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan hasil pengembangan e-book IPA Fisika berbasis program sigil ditinjau dari sisi validasi muka; (ii) mendeskripsikan hasil pengembangan e-book IPA Fisika berbasis program sigil ditinjau dari sisi validasi ahli; (iii) menganalisis respon peserta didik kelas IX terhadap e-book IPA Fisika berbasis program sigil; (iv) menganalisis respon guru terhadap e-book IPA Fisika berbasis program sigil; (v) menganalisis efektivitas penerapan e-book IPA Fisika berbasis program sigil pada peserta didik kelas IX SMPN 23 Simbang kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book IPA Fisika berbasis program sigil dinyatakan valid dan reliabel jika ditinjau dari sisi validasi muka dan validasi ahli, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA Fisika. Penerapan e-book IPA Fisika berbasis program sigil dalam pembelajaran memberikan nilai respon peserta didik dan guru yang positif. Analisis tes hasil belajar menunjukkan kelas yang menerapan e-book IPA Fisika berbasis program sigil dalam pembelajaran lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas yang tidak menerapkan e-book IPA Fisika berbasis program sigil dalam pembelajaran. Kata kunci: pengembangan, e-book IPA Fisika, program sigil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:09
Last Modified: 26 Feb 2019 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12391

Actions (login required)

View Item View Item