HUBUNGAN PERSEPSI PEMBERIAN TUGAS DAN PENGUATAN DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SD INPRES GALANGAN KAPAL II KOTA MAKASSAR

Nurlaela, Nurlaela (2019) HUBUNGAN PERSEPSI PEMBERIAN TUGAS DAN PENGUATAN DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SD INPRES GALANGAN KAPAL II KOTA MAKASSAR. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran Persepsi Pemberian Tugas dan Penguatan dengan Prestasi Belajar di SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar (2) mengetahui hubungan Persepsi Pemberian Tugas dengan prestasi belajar siswa di SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar, (3) mengetahui hubungan penguatan dengan prestasi belajar siswa di SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar , (4) mengetahui hubungan persepsi pemberian tugas dan penguatan dengan prestasi belajar siswa di SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar . Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan variabel bebasnya adalah persepsi pemberian tugas dan penguatan. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar dengan sampel yang berjumlah 60 orang. Tahapan pengambilan sampel yang pertama digunakan dengan menggunakan teknik purposive sampling tahapan ini menunjuk langsung sekolah yang akan dijadikan sampel penelitian dan menetapkan kelas V sebagai unit sampel. Alasan pengambilan sampel pada siswa kelas V dengan pertimbangan bahwa siswa kelas V sudah mampu berpikir rasional, abstrak dan logis. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat persepsi pemberian tugas dan penguatan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) persepsi pemberian tugas dan penguatan dengan prestasi belajar berada pada kategori tinggi, (2) terdapat hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara persepsi pemberian tugas dan prestasi belajar (3) terdapat hubungan positif yang sangat sedang dan signifikan antara persepsi pemberian penguatan dan prestasi belajar; dan (4) terdapat hubungan positif yang sangat sedang dan signifikan antara persepsi pemberian tugas dan penguatan dengan prestasi belajar siswa di SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar . Kata Kunci: Persepsi Pemberian Tugas , Persepsi Pemberian Penguatan, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2019 04:35
Last Modified: 26 Feb 2019 04:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item View Item