Pengaruh Tutor Sebaya Terhadap Keterampilan Menjahit Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi dan Piranti Busana jurusan pendidikan kesejahtraan Keluarga.

PONGBULINTONG, MONICA (2019) Pengaruh Tutor Sebaya Terhadap Keterampilan Menjahit Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi dan Piranti Busana jurusan pendidikan kesejahtraan Keluarga. Diploma thesis, FT.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tutor sebaya terhadap keterampilan menjahit mahasiswa pada mata kuliah teknologi dan piranti busana jurusan Pendidikan Kesejahtraan Keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tutor sebaya terhadap keterampilan menjahit mahasiswa dengan menggunakan 31 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas da uji regresi untuk mengiji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan, bahwa metode pembelajaran tutor sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menjahit mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Pendidikan Kesejahtraan Keluarga konsentrasi tata busana. Dilihat dari uji validitas dan uji realibilitas dimana nilai yang dihasilkan valid dan reliabel uji validitas dan uji realibilitas pada metode pembelajaran tutor sebaya dinyatakan normal dimana nilai yang dihasilakn sebaya dinyatakan reliabel karena 6.035 > 0,3550. Uji normalitas kedua variabel tersebut dinyatakan normal dimana nilai metode pembelajaran tutor sebaya nilai (X) = 0,00 yang artinya menunjukkan < 0,05, berarti berdistribusi normal, hasil keterampilan (Y) = 0,00 yang artinya menunjukkan > 0,05, berarti berdistribusi normal dan tingkat signifikasi sebesar 0,00 < dibanding tingkat signifikasi yang digunakan ysitu 0,05. Kemudian hasil analisis data menggunakan uji t, diperoleh thitung = 3,626 > 3,622 = ttabel dan sig =0,05>5% jadi Ho diterima., ini berarti variabel tutor sebaya secara statistik berpengaruh signifikan terhadap variabel keterampilan menjahit. Kata Kunci : tutor sebaya, keterampilan menjahit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2019 01:45
Last Modified: 26 Feb 2019 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12362

Actions (login required)

View Item View Item