PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KESADARAN METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAMI KOTA TERNATE

SONYINGA, DESMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KESADARAN METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAMI KOTA TERNATE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DESMA SONYINGA.pdf

Download (290kB) | Preview

Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu yang bertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajarandankesadaranmetakognisiterhadaphasilbelajarpesertadidikkelas X SMA Islam Kota Ternate padapokokbahasanikatankimia.PenelitianinimenggunakanrancanganDesainpenelitianfaktorial 2x2.Sampelterdiriatasduakelasyang dipilihdengan random sampling teknikacakkelas.Kelas X IPA 1 sebagaikelaseksperimen 1 dibelajarkandengan model pembelajaraninkuiriterbimbingdankelas X IPA 2 sebagaikelaseksperimen2 dibelajarkandengan model pembelajaranberbasismasalah. Instrument penelitianyang digunakanyaituangketinventorikesadaranmetakognisidanteshasilbelajar.Data yang diperolehdianalisissecarainferensialdandeskriptif.Hasilanalisisinferensialdiperolehbahwa: (1) model pembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajarpesertadidikdengannilaisignifikansi yang diperolehyaitu 0,01<0,05. (2) kesadaranmetakognisiberpengaruhterhadaphasilbelajarpesertadidikdengannilaisignifikansi yang diperolehyaitu 0,008<0,05. (3) terdapatinteraksi model pembelajarandengankesadaranmetakognisi, terlihatpadanilaisignifikansi yang diperolehyaitu 0,014<0,05. Selanjutnyahasilanalisisdeskriftifdiperolehbahwa: (1) rata-rata nilaihasilbelajarpesertadidik yang menggunakan model pembelajaraninkuiriterbimbinghasilnyalebihtinggidibandingkandengan model pembelajaranberbasismasalah. (2) rata-rata nilaihasilbelajarpesertadidikdengankesadaranmetakognisitinggi, lebihtinggidibandingkandengan rata-rata nilaihasilbelajardengankesadaranmetakognisirendah, dan(3) terjadiinteraksiinteraksiantara model pembelajarandankesadaranmetakognisidalammempengaruhihasilbelajarpesertadidikkelas X IPA SMA Islam Kota Ternate. Jadi, adapengaruhantara model pembelajarandankesadaranmetakognisiterhadaphasilbelajarpesertadidikkelas X SMA Islam Kota Ternate padapokokbahasanikatankimia.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:01
Last Modified: 25 Feb 2019 08:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item View Item