Pengaruh Lingkungan Belajar dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri I Maluku Tengah

WATIMURY, PEBRYWATI (2015) Pengaruh Lingkungan Belajar dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri I Maluku Tengah. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PEBRYWATI WATIMURY..docx

Download (21kB)

ABSTRAK PEBRYWATI WATIMURY. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri I Maluku Tengah (Dibimbing oleh Muhammad, Jufri dan Firdaus Daud) Tujuan penelitian ini adalah (i) mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri I Maluku Tengah. (ii) mengetahui pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri I Maluku Tengah (iii) mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan konsep diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri I Maluku Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan nilai tes siswa semester 1 tahun 2013/2014 teknik analisis data secara deskriptif dan inferensial (regresi ganda). Hasil menunjukan bahwa. Lingkungan belajar terhadap hasil belajar biologi diperoleh Fhitung sebesar 13,331 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang kurang dari 0,05, pada konsep diri diperoleh Fhitung sebesar 24,865 dengan tingkat signifikansi 0,000, sedangkan nilai Fhitung lingkungan belajar dan konsep diri secara bersamaan terhadap hasil belajar biologi yaitu 16,287 dengan signifikansi 0,000 menyatakan ada pengaruh lingkungan belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri I Maluku Tengah. Kesimpulan bahwa . (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri I Maluku Tengah, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara Konsep diri terhadap hasil belajar biologi siswa, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Lingkungan belajar dan konsep diri secara bersamaan terhadap prestasi belajar biologi siswa. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Konsep Diri, Hasil Belajar. ABSTRACT PEBRYWATI WATIMURY. 2014. The Influence of Learning Environment and Self Concept toward Student’s Learning Outcome of Biology at SMPN I Central Maluku (supervised by Muhammad Jufri and Firdaus Daud). The objectives of this research are to find out the influence of learning environment toward student’s learning outcome of Biology at SMP Negeri 1 Central Maluku, to identify the influence of student’s self-concept toward their learning outcome of biology at SMPN 1 Central Maluku, and to discover the influence of Learning outcome of Biology at SMPN 1 Central Maluku. This is a kind of ex-post facto research where the data were collected through questionnaire and students score test of the first semester academic year 2013/2014. It were analyzed by descriptive and inferential analysis. The result revealed that the influence of learning environment toward student’s learning outcome is Fcount = 13,331 by the level of significance 0,000 > 0,05 ; on the self-concept, it was found Fcount = 24,865 by the level of significance 0,000; whereas, the Fcount of learning environment simultaneously with self-concept toward student’s learning outcome 16,287 by the level of significance 0,000 which means there is an influence of learning environment and student’s self-concept toward their learning outcome of Biology at SMPN 1 Central Maluku. Statistically, it can be concluded that (1) there is a significance influence of learning environment toward student’s learning outcome of Biology, (2) there is a significance influence of student’s self-concept toward their learning outcome, and (3) there is a significance influence of Learning Environment simultaneously with student’s self-concept toward their learning outcome of Biology. Key words: Learning environment, self-concept, learning outcome

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:03
Last Modified: 14 Nov 2016 01:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item