Perbandingan Kemampuan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD yang Bersertifikasi Pendidik dan yang Belum Bersertifikat di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru

Agus, Andi Aco (2015) Perbandingan Kemampuan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD yang Bersertifikasi Pendidik dan yang Belum Bersertifikat di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Jurnal Sosialisasi, 2 (2). pp. 21-24. ISSN 2356-0886

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Perbandingan Kemampuan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sd Yang Bersertifikasi Pendidik.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Perbandingan Kemampuan Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sd Yang Bersertifikasi Pendidik.pdf - Published Version

Download (905kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/index

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan pembelajaran berupa suatu tindakan yang sengaja dilakukan dan terjadi di dalam kelas secara bersama, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandigan kemampuan menyusun Penelitian Tindakan Kelas bagi guru Sekolah Dasar yang telah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik dan untuk mengetahui kendala serta upaya yang ditempuh oleh pihak sekolah dalam meningkatkan mutu profesionalisme guru. Setelah data diolah dan dianalisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa rerata score nilai yang diperoleh guru tingkat sekolah dasar yang telah bersertifikat pendidik dalam menyusun penelitian tindakan kelas, lebih tinggi yakni 66 persen dibandingkan dengan guru yang belum bersertifikat pendidik, yaitu 37 persen. Hal tersebut di tinjau dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan guru dalam merumuskan penyusunan penelitian tindakan kelas. Adapun hal yang menajid kendala yang dihadapi oleh guru terutama dalam implementasi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip PAIKEM adalah keterbatasan sarana dan orasarana penunjang, seperti ruang kelas, ruang baca serta fasilitas pendukung lainnya. Upaya yang ditempuh oleh pihak sekolah dalam mengatasi kendala pengimplementasian prinsip PAIKEM adalah melakukan renovasi dan pengembangan model dan strategi pembelajaran serta senantiasa memberi dorongan bagi guru dalam meningkatkan disiplin dan kualitas para guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peranan, Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru Sosiologi
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:52
Last Modified: 25 Apr 2019 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12322

Actions (login required)

View Item View Item