Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Scientific Yang Berdasarkan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII Mts.Hj.Haniah Kabupaten Maros

Ardiansyah, Muhammad (2019) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Scientific Yang Berdasarkan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII Mts.Hj.Haniah Kabupaten Maros. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific yang berdasarkan teori bruner dalam pembelajaran matematika kelas VII E Mts.Hj.Haniah Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen dengan desain onegroup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII MTs.Hj.Haniah Kabupaten Maros yang berjumlah 110 orang dan tersebar pada 5 kelas dan sampel penelitian yakni kelas VIIIE yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, angket respons peserta didik dan tes hasil belajar matematika. Selanjutnya data di analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan penerapan model kooperatif dengan pendekatan scientific yang berdasarkan teori Bruner berada pada kategori aktif dengan skor rata-rata 3,57. Sedangkan skor rata-rata respons peserta didik terhadap penerapan model kooperatif dengan pendekatan scientific yang berdasarkan teori Bruner yaitu 3,48 dan berada pada kategori cenderung positif. Selanjutnya data hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 78,68 dan secara klasikal sebesar 84%. Kemudian rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi. Secara umum disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif dengan pendekatan scientific yang berdasarkan teori Bruner pada pembelajaran matematika efektif diterapkan pada peserta didik kelas VII MTs.Hj.Haniah Kabupaten Maros. . Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Scientific, Teori Bruner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Feb 2019 08:02
Last Modified: 21 Feb 2019 08:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item