Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMP Negeri 4 Sungguminas

DJAFAR, NUR ASMAH (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMP Negeri 4 Sungguminas. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
NUR ASMAH DJAFAR..docx

Download (13kB)

ABSTRAK NUR ASMAH DJAFAR. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMP Negeri 4 Sungguminasa. (Dibimbing oleh Yusminah Hala dan Nurdin Arsyad) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) peningkatan motivasi belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa sebelum dan sesudah penggunaan MPBK berbasis TIK (ii) peningkatan motivasi belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (iii) peningkatan hasil belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa sebelum dan sesudah penggunaan MPBK berbasis TIK (iv) peningkatan hasil belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (v) pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa (vi) pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 4 Sungguminasa tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 429 orang peserta didik yang terdiri dari sepuluh rombongan belajar (rombel). Sampel penelitian ini sebanyak dua rombel dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan rombel VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan rombel VIIIB sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket dan hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dan diuji secara statistik dengan menggunakan Teknik Regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) motivasi belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa mengalami peningkatan setelah diajar dengan menggunakan MPBK berbasis TIK yaitu berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan gain ternormalisasi peserta didik berada pada kategori sedang (ii) motivasi belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa mengalami peningkatan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan gain ternormalisasi peserta didik berada pada kategori sedang (iii) hasil belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa mengalami peningkatan setelah diajar dengan menggunakan MPBK berbasis TIK dengan kategori tinggi (iv) hasil belajar biologi peserta didik SMPN 4 Sungguminasa mengalami peningkatan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kategori sedang (v) ada pengaruh Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik berbasis TIK terhadap peningkatan motivasi belajar biologi peserta didik (vi) ada pengaruh Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik berbasis TIK terhadap peningkatan hasil belajar biologi peserta didik. Kata kunci: konstriktivisme, model STAD, motivasi. ABSTRACT The aim of this research was to determine (i) an increase in student motivation to learn biology SMP 4 Sungguminasa before and after the use of ICT-based MPBK (ii) an increase in student motivation to learn biology SMP 4 Sungguminasa before and after the use of cooperative learning model STAD (iii) an increase in student learning outcomes biology SMP 4 Sungguminasa before and after the use of ICT-based MPBK (iv) an increase in student learning outcomes biology SMP 4 Sungguminasa before and after the use of cooperative learning model STAD (v) the effect of the learning model of motivation to learn biology learners SMP 4 Sungguminasa (vi) the impact of the learning model the learning outcomes of students of biology SMP 4 Sungguminasa. Population in research are all students of class VIII SMP 4 Sungguminasa academic year 2012/2013, amounting to 429 people comprising students from ten study groups (groups in the). Sample of this research with two groups in the cluster random sampling technique to obtain the groups in the VIIIA VIIIB groups in the experimental group and the control group. The instrument used was a questionnaire and the results of learning. The collected data were analyzed and statistically tested using simple linear regression technique. The results showed that (i) the motivation to learn biology learners SMP increased after 4 Sungguminasa taught using ICT-based MPBK is based on data analysis using normalized gain of students in middle category (ii) learners' motivation to learn biology SMP 4 Sungguminasa increased after taught using STAD cooperative learning model that is based on the results of data analysis using normalized gain learners in middle category (iii) the results of students studying biology SMP increased after 4 Sungguminasa taught using ICT-based MPBK with high category ( iv) learning outcomes Junior High School biology students has increased after 4 Sungguminasa taught using STAD cooperative learning model with the medium category (v) there is an influence-based Learning Model Constructivistic Biology ICT to increase learners' motivation to learn biology (vi) no influence Biology Learning Model ICT-based constructivist learning biology to improving student outcomes. Keyword: Constructivistic, model STAD, motivation

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:01
Last Modified: 14 Nov 2016 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item