Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan CTL pada Materi Sistem Pencernaan makanan untuk Kelas XI SMA

Isnada, Isnada (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan CTL pada Materi Sistem Pencernaan makanan untuk Kelas XI SMA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Isnada..docx

Download (14kB)

ABSTRAK Isnada. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan CTL pada Materi Sistem Pencernaan makanan untuk Kelas XI SMA (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Andi Asmawati Azis). Penelitian ini digolongkan sebagai jenis Penelitian Pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Model pengembangan perangkat yang digunakan mengacu pada 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dari Thiagarajan (1974). Proses pengembangan pada tahap define dan design menghasilkan prototype 1 perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa dan LKS). Pengembangan pada tahap develop, melakukan proses validasi yang menghasilkan prototype 2 yang valid. Pada fase uji coba perangkat menghasilkan perangkat yang praktis dan efektif, dan untuk lebih mengoptimalkan perangkat yang telah ada maka melakukan revisi kecil yang menghasilkan prototype 3. Pengembangan pada tahap disseminate, merupakan fase penyebaran perangkat yang telah ada, hasil dari tahap disseminate adalah prototype final. Berdasarkan hasil uji coba dilapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran NHT dengan pendekatan CTL memenuhi kriteria efektif dengan indikator (1) hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 68 sehingga ketuntasan klasikal juga tercapai, (2) aktivitas guru dan siswa berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi dan (4) respon siswa memenuhi dan berada pada kategori positif. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan CTL memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektivan. ABSTRACT ISNADA. 2012. Development of Biology Learning Tools of Cooperative-Based Model of NHT Type with CTL Approach on Digestive System Subject to Grade XI of senior High School ( supervised by Hamzah Upu and Andi Asmawati Azis) This study is research and development which focuses on the development of cooperative learning tools of Numbered Heads Together (NHT) type with contextual Teaching and Learning (CTL) approach. The model used is referred to 4D (defining, design, development and dissemination) by Thiagarajan (1974). The development process on the dfining and design stages produced prototype 1 (lesson plan, students book and workbook). The development on the development stage was a validation process which produced a valid prototype 2. On tryout phase, the tools produced practical and effective tools and optimize the existing tools, revision was conducted to produce prototype 3. The development in dessimination stage was a disseminating phase of existing tools. The result of the dissemination stage was the final prototype. The result reveals that NHT learning tools with CTL approach has met effective criteria with indicators (1) the result of learning has met the minimum completeness criteria 68, that the classical completeness is also achieved, (2) teacher and students activities are in the category of completely conducted, (3) teacher’s competence in managing the learning is in high category, and (4) students response has met the criteria and is in positive category. Based on the examination of the experts and the result of the test indicate that the cooperative learning tools of NHT type with CTL approach has met the criteria of validity, practical, and effective.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:00
Last Modified: 14 Nov 2016 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item