KECERDASAN EMOSIONAL DAN BERFIKIR LOGIS PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

MAEMUNAH, MAEMUNAH (2019) KECERDASAN EMOSIONAL DAN BERFIKIR LOGIS PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik MAN Wajo dan SMAN 5 Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MAN Wajo dan SMAN 5 Wajo pada kelas XI IIS. Sampel yang digunaka berjumlah 122 diantaranya 60 peserta didik MAN Wajo dan 62 Peserta didik SMAN 5 Wajo. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dalam bentuk sklikert untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan berfikir logis sedangkan hasil belajar diambil dari nilai rapor.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kecerdasan emosional berpengaruh signifikanan terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik MAN Wajo dan SMAN 5 Wajo; (2) Berfikir logis pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik MAN Wajo dan SMAN 5 Wajo ; (3) Kecerdasan emosional dan berfikir logis berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik MAN Wajo dan SMAN 5 Wajo; (4) Hasil analisis linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel kecerdasan emosional dan berfikir logis memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik MAN Wajo dan SMAN 5 Wajo. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Berfikir Logis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:26
Last Modified: 20 Feb 2019 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12292

Actions (login required)

View Item View Item