Hubungan Persepsi Peserta Didik Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Biologi Dan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA di Kabupaten Sidrap

Atjo, Indrayati (2014) Hubungan Persepsi Peserta Didik Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Biologi Dan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA di Kabupaten Sidrap. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Indrayati Atjo.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Indrayati Atjo. 2014. Hubungan Persepsi Peserta Didik Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Biologi Dan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA di Kabupaten Sidrap (dibimbing oleh Yusminah dan Andi Farida). Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan persepsi peserta didik terhadap kompetensi pedagogik guru biologi dan pola asuh demokratis orang tua dengan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik SMA di kabupaten Sidrap secara parsil dan simultan Biologi tumbuh seiring perkembangan zaman dan teknologi dan memiliki prospek yang menjanjikan. Untuk dapat berhasil dan menghasilkan hasil yang optimal dalam pelajaran biologi, guru biologi, perlu meningkatkan kompetensi pedagogiknya yang dapat memberikan motivasi pada peserta didik untuk belajar biologi. Proses belajar peserta didik sangat perlu mendapat dukungan dari keluarga terutama bagaimana pola asuh orang tua yang membentuk karakternya. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik di SMAN 1 Pangkajene dan SMAN 1 Tellu Limpoe yang mewakili keragaman latar belakang sosial budaya, sebanyak 30% dari masing-masing kelas guru biologi yang memiliki sertifikat pendidik. Sampel adalah 217 peserta didik kelas X, XI dan XI IA. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi peserta didik terhadap kompetensi pedagogik guru biologi, pola asuh demokratis rang tua, dan motivasi belajar biologi yang telah divalidasi. Hasil belajar biologi adalah data sekunder yang tersedia. Dari hasil uji SPSS 20, bahwa (i) ada hubungan yang signifikan persepsi peserta didik terhadap kompetensi pedagogik guru biologi dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi 0,694, tetapi tidak signifikan dengan hasil belajar biologi dengan nilai korelasi 0,121, (ii) ada hubungan yang signifikan persepsi peserta didik terhadap pola asuh demokratis orang tua dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi 0,523 dan dengan hasil belajar biologi dengan nilai korelasi 0,138, (iii) ada hubungan yang signifikan persepsi peserta didik terhadap kompetensi pedagogik guru biologi dan pola asuh demokratis orang tua dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi 0,754 dan dengan hasil belajar biologi dengan nilai korelasi 0.228. Kata kunci: persepsi, guru bersertifikasi, kompetensi pedagogik guru biologi, pola asuh demokratis orang tua, motivasi belajar biologi, hasil belajar biologi, peserta didik kelas X, XI dan XII IA. ABSTRACT Indrayati Atjo, 2014. The Correlations Learners’ Perceptions On Pedagogy Competence Of Biology Teacher And Democratic Parenting With Motivation And Biology Learning Result Of Learner’s High School At Sidrap District (guided by Yusminah and Andi Farida). The study aims at examining the correlations learners’ perceptions on pedagogy competence of biology teacher and democratic parenting with motivation and biology learning result of learner’s high school at Sidrap district. Biology grow with the times and technology and has a promising prospect. To be successful and produce optimal results in a biology class, the teacher needs to improve their pedagogy competence that can motivate learners to learn biology. Learning processes really need to have support of family, especially parenting that make up the character of them. The study is correlation research. The sampling technique used was proportional stratified random sampling. The samples were learner at SMAN 1 Pangkajene and SMAN 1 Tellu Limpoe which represented the variety of socio-cultural of background, 30% from each biology class teachers who are certified. The sample were 217 learners of class X, XI and XI IA. The instruments used were questionnaire of learners’ perception pedagogy competence of biology teachers, democratic parenting, and biology learning motivation which were validated. The biology learning result is available secondary data. The test results of SPSS 20, that (i) there are significant correlations of learners’ perceptions on pedagogy competence of biology teacher with biology learning motivation with correlation value of 0.694, but it is not significant with the biology learning result with correlation value of 0.121, (ii) there are significant correlation of learners’ perceptions on democratic parenting with the biology learning motivation with correlation value of 0.523 and with biology learning result with correlation value of 0.138, (iii) there are significant correlation of learners’ perceptions on pedagogy competence of biology teacher and democratic parenting with the biology learning motivation with correlation value of 0.754 and with biology learning result with correlation value of 0.228. Keywords: perception, certified teachers, pedagogy competence of biology teacher, democratic parenting, biology learning motivation, biology learning result, learners of class X, XI and XII science class.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 00:59
Last Modified: 14 Nov 2016 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item