Pengembangan Aplikasi Tes Integensia Berbasis Nirkabel di SMK Nasional Makassar

ARFANDI, M. and Mappalotteng, Abdul Muis and Purnamawati, Purnamawati (2019) Pengembangan Aplikasi Tes Integensia Berbasis Nirkabel di SMK Nasional Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL-ARTIKEL.pdf

Download (737kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi tes intelegensia berbasis android yang valid, efektif dan praktis digunakan di SMK Nasional Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC (SistemDevelopmentLifeCyle) dengan model pengembangan waterfall empat tahap yaitu: (1) penentuan masalah / analisis kebutuhan (system engineering), (2) perancangan (system analisis dan system design), (3)implementasi (coding program dan testing system) dan (4)pemeliharaan (maintenance system).Aplikasi tes intelegensia yang dikembangkan telah divalidasi ahli dengan mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Uji coba dilakukan melibatkan 29 orang subjek terdiri dari Kepala Sekolah, 3 (tiga) orang Wakil Kepala Sekolah, 5 (lima) orang guru produktif dan 20 (dua puluh) peserta didik jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Nasional Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek aplikasi, tampilan, konten dan link materi menunjukkan kategori sangat valid. Hasil validasi buku panduan dari aspek format, bahasa dan isi menunjukkan kategori sangat valid, dan hasil analisis dari respon siswa yang persentasenya menunjukkan diatas 80%.Secara umum disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi tes intelegensia dapat digunakan untuk membiasakan peserta didik mengerjakan soal-soal psikotes untuk meningkatkan kualitas soft skill peserta didik di SMK Nasional Makassar. Kata kunci :Tes IQ, Android, Smartphone, SMK, Berbasis Nirkabel .

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:03
Last Modified: 20 Feb 2019 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item View Item