Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Simbang Kabupaten Maros. Tesis. Jurusan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar

Faridhah, Faridhah (2013) Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Simbang Kabupaten Maros. Tesis. Jurusan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Faridhah.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Faridhah, 2013. Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Simbang Kabupaten Maros. Tesis. Jurusan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Yahya Hiola, dan Oslan Jumadi). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui motivasi dan hasil belajar Biologi siswa yang diajar menggunakan pendekatan problem posing. (2) Mengetahui motivasi dan hasil belajar Biologi siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan problem posing. (3) Mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa yang diajar menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan problem posing. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 20 Simbang Kabupaten Maros dengan mengambil dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas IXC dengan jumlah siswa 17 orang sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan pendekatan problem posing, dan kelas IXB dengan jumlah siswa 17 orang sebagai kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan pendekatan problem posing. Data penelitian diperoleh melalui pemberian angket motivasi dan tes hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata untuk pretest 76.88 dan postest 83.18. (2) Motivasi belajar siswa pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata untuk pretest 73.59 dan postest 77.29. (3) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata untuk pretest 33.24 dan postest 75.41. (4) Hasil belajar siswa pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata untuk pretest 42.65 dan untuk postest 68.94. (5) Ada perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (6) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis statistik inferensial pada motivasi dan hasil belajar postest siswa dengan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang diajar tanpa pendekatan problem posing pada materi pewarisan sifat kelas IX SMP Negeri 20 Simbang Kabupaten Maros. ABSTRACT Faridhah, 2013. The Influence of Problem Posing Approach Towards Motivation and Biology Learning Results of Grade IX Students at SMP Negeri 20 Simbang in Maros District (guided by Yahya Hiola and Oslan Jumadi). This study aimed at examining: (1) Motivation and biology learning results of students who are taught using problem posing approach. (2) Motivation and biology learning results of students who taught without problem posing approach. (3) The difference between motivation and biology learning results of students who taught by using problem posing approach and the ones without using problem posing approach. The study was a quasi-experimental research. The study was conducted at SMP Negeri 20 Simbang in Maros district and obtained two classes as the subject of study namely grade IXC with 17 students as the experiment class taught by using problem posing approach and grade IXB with 17 students as the control class taught without problem posing approach. Data were obtained through questionnaire of motivation and test of learning results before and after learning. Data were analyzed in descriptive and inferential analyses. The results of study revealed that: (1) Students' learning motivation in the experiment class has the average of pretest 76.88 and posttest 83.18. (2) Students' learning motivation in the control class has the average of pretest 73.59 and posttest 77.29. (3) Students’ learning results in the experiment class has the average of pretest 33.24 and posttest 75.41. (4) Students’ learning results in the control class has the average of pretest 42.65 and posttest 68.94. (5) There was a difference on students’ learning motivation between the experiment class and the control class. (6) There was a difference on the students’ learning results between the experiment class and the control class. The results of inferential statistics indicated that the students' posttest on motivation and learning results with t-test that t count was greater than t table, so H1 was accepted H0 was rejected. The conclution based on the study was there was a difference on motivation and biology learning results between students who taught by using problem posing approach and the ones without using problem posing approach on the inheritance subjek material of grade IX at SMP Negeri 20 Simbang in Maros district.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 00:57
Last Modified: 14 Nov 2016 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item