engembangan Perangkat Tes Kognitif Tentang Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA Kota Makassar

TENRIANGKA, ANDI (2015) engembangan Perangkat Tes Kognitif Tentang Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ANDI TENRIANGKA.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI TENRIANGKA. 2012. Pengembangan Perangkat Tes Kognitif Tentang Ekosistem Untuk Siswa Kelas X SMA Kota Makassar Perangkat tes yang dikembangkan merupakan perangkat tes kognitif tipe pilihan ganda dengan menggunakan taksonomi Anderson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat tes yang dikembangkan, kualitas perangkat tes diindikasikan dengan lima kriteria yaitu valid, reliabel, tingkat kesukaran sedang, daya beda baik, dan pengecoh (distarcter) berfungsi dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian pengembangan. Pengembangan perangkat menerapkan prosedur pengembangan perangkat model 4-D yang terdiri atas tahap pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessiminate). Data penelitian diperoleh melalui tiga kriteria yaitu (1) data validitas diperoleh melalui penilaian ahli dan praktisi (2) data reliabilitas diperoleh melalui hasil uji coba perangkat tes dan (3) karakteristik internal soal yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh diperoleh melalui hasil uji coba perangkat tes. Data validitas yang diperoleh dianalisis secara matematis dan diinterpretasikan dengan membandingkannya dengan standar yang telah ditetapkan, sedangkan data reabilitas dan karakteristik internal tes dianalisis dengan menggunakan Anates ver. 4. Berdasarkan kualitas secara empirik, maka perangkat tes yang terdiri dari 150 butir soal yang dikembangkan, 37 butir soal memenuhi kriteria sebagai soal yang baik sehingga dapat diterapkan secara luas di sekolah sederajat. ABSTRACT ANDI TENRIANGKA. 2012. The Development of Cognitive Testing Device about Ecosystem for High School Students Class X Makassar city. The developed testing device is a cognitive testing device of multiple-choice type using the taxonomy Anderson. This research aims to find out the quality of the developed testing device. It is indicated by five criteria, namely valid, reliable, level of middle difficulty, power different good, and distracter to function properly. This research used qualitative approach by method of the development research. The development device applied the development procedure of the 4-D model device consisted of define, design, develop, and disseminate. The research data is obtained through is obtained through three categories, (1) the validity of data through the assessment of experts and practitioners, (2) the reliability of data obtained through the experiment result of the testing device, and (3) the internal characteristic of question included level of difficulty, power different, and distracter. It is obtained through experiment result of the testing device. The validity of data is analyzed mathematically and interpreted by comparing with the certain standard, the reability data is analyzed using Anates Ver. 4 Based on empirically quality, therefore the testing device consisting of 150 test items developed, 37 test items categorized as good test that can be applied in equal schools widely.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 00:55
Last Modified: 14 Nov 2016 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item