Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Karya Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SMA Plus Budi Utomo Makassar

Haryanto, Haryanto and Weda, Sukardi (2015) Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Karya Sastra dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SMA Plus Budi Utomo Makassar. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian PNBP)
Laporan Penelitian PNBP - Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Karya Sastra dalam Pembelajaran.....pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Laporan Penelitain PNBP)
Peer Review - Laporan Penelitian PNBP - Implementation Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Karya Sastra dalam Pembelajaran....pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview

Abstract

Ringkasan: Penelitian ini merupakan penelitian untuk menghasilkan model pembelajaran dan materi ajar yang mendorong siswa untuk belajar dalam kelas dengan suasana yang menyenangkan. Kajian ini dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis karya sastra (literary> works) kepada siswa di SMA di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji dan mengembangkan model pembelajaran bahasa Inggris melalui karya sastra yang dapat mendorong siswa SMA untuk belajar dengan baik, dan 2) mengkaji dan mengembangkan buku kerja pembelajaran bahasa Inggris yang dapat mendorong timbulnya kreatifitas siswa. Model pembelajaran bahasa Inggris melalui pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe STAD diasumsikan dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa dengan baik. Prinsip-prinsip dan prosedur atau desain penelitian dan pengembangan ini berdasar pada teknologi pembelajaran bahasa dengan beberapa pendekatan penelitian, termasuk kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap awal diadakan analisis konseptual, kebutuhan, dan studi lapang. Untuk lokasi penelitian dipilih SMA Plus Budi Utomo Makassar. Juga dirancang prototipe model diikuti dengan validasi isi oleh ahli di bidang pendidikan bahasa Inggris dan ujicoba terbatas pada kelompok target pengguna. Ujicoba dilakukan dengan pendekatan experimental research diikuti dengan evaluasi dan validasi isi oleh ahli (expert judgement) model dan modul tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) tipe STAD berbasis karya sastra dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa SMA, dan 2) Desain model pembelajaran kooperatif learning berbasis karya sastra dapat meringankan beban dan tugas guru di kelas, karena daiam pembelajaran model ini, guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. Disamping itu, keberadaan karya sastra yang turut memperkaya (mewarnai) materi ajar bahasa Inggris di kelas juga dapat mendorong motivasi dan minat siswa untuk belajar bahasa Inggris lebih giat lagi.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:20
Last Modified: 18 Feb 2019 08:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item View Item